Sekilas Pelindo IV

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) atau Pelindo IV adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kepelabuhanan.


PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Indonesia (PP) NO. 59, tanggal 19 Oktober 1991, tentang Pengalihan bentuk Perseroan Umum (Perum) Pelabuhan IV menjadi Perseroan Terbatas (Persero) yang anggaran Dasarnya diaktakan dengan akta No. 7, tanggal 1 Desember 1992 oleh Notaris Imas fatimah, sh, Notaris di jakarta
Kami beroperasi di Indonesia bagian timur yang tersebar di 11 provinsi dan berkantor pusat di Makassar. Wilayah operasional kami terdiri dari 17 pelabuhan cabang, 3 anak perusahaan, dan 1 afiliasi. yang tersebar dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sangat menyadari kondisi wilayah hinterland yang berada di timur yang sangat membutuhkan pengembangan infrastruktur dan tenaga yang cakap dan ahli. Untuk itu, Perseroan terus berinvestasi mengembangkan dan meningkatkan layanan dengan dukungan fasilitas dan peralatan yang optimal dan SDM yang handal.

Saat ini segmen usaha perseroan adalah penyediaan dan pelayanan kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu lintas dan tempat berlabuhnya kapal termasuk jasa yang berhubungan dengan pemanduan dan penundaan kapal., serta kebutuhan logistik kapal seperti bahan bakar dan air.
Penyediaan dermaga dan fasilitasnya untuk tambat kapal serta bongkar muat petikemas dan cargo, termasuk jasa terminal penumpang, terminal petikemas, dan terminal car, pergudangan, dan lapangan multi-purpose juga tersedia. Perseroan juga membuka kerjasama pengelolaan pelabuhan dengan pihak pemerintah dan swasta, penyelenggaraan depo, fumigasi, kawasan pabean dan tempat penimbunan sementara. Rupa-rupa jasa lainnya dapat dilihat di lihat secara lengkap di www.inaport4.co.id

Perseroan resmi meluncurkan logo baru pada tanggal 15 agustus 2014, sebagai bentuk semangat dan komitmen untuk melakukan perubahan dan perbaikan demi menyongsong masa depan dengan pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan.

Visi

“Menjadi perusahaan pengelola pelabuhan yang terintegrasi, berdaya saing tinggi, dan bertaraf internasional”.

Misi

  • Menjadi penggerak dan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur.
  • Menyediakan Jasa kepelabuhan dan non-kepelabuhan (penunjang) yang terintegrasi dengan berorientasi pada kepuasan dan loyalitas pelanggan.
  • Menciptakan transformasi untuk mendorong pengembangan professional dan personal bagi kesejahteraan karyawan.
  • Meningkatkan nilai tambah bagi Stakeholder internal dan eksternal secara berkelanjutan.
  • Memaksimalkan nilai pemegang saham secara berkelanjutan (Shareholder).

Nilai

  • Integrity (Integritas) adalah konsistensi dalam tindakan tindakan, nilai-nilai, metode metode, ukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Perusahaan/orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat.  
  • Synergistic (Sinergitas) adalah kerja sama antar unsur atau bagian atau fungsi yang menghasilkan suatu tujuan lebih baik dan lebih besar daripada dikerjakan sendiri. Sinergitas dalam capaian hasil berarti kerja sama berbagai unsur atau bagian atau kelompok atau fungsi untuk mendapat capaian hasil yang lebih baik dan lebih besar.
  • Professional (Profesional) adalah orang yang memiliki kemampuan (keahlian) yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang berkaitan dengan pekerjaan dan perbuatannya.        
  • Innovative (Inovatif) adalah kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahliannya untuk menghasilkankarya baru." "Berpikir inovatif yaitu proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif (out of the box)”.
  • Satisfied Customer (Kepuasan Pelanggan) adalah suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan dapat terpenuhi melalui produk/jasa yang dibeli/digunakan. Secara umum, kepuasan pelanggan dapat dikatakan sebagai perasaan senang atau kecewa seseorang dari perbandingan antara produk/jasa yang dibeli/digunakan sesuai atau tidak dengan harapannya.