Kapal

JASA PANDU

Jasa pemanduan kapal sewaktu memasuki alur pelayaran menuju dermaga atau kolam pelabuhan untuk berlabuh.  Untuk menjaga keselamatan kapal, penumpang dan muatannya ketika memasuki alur pelabuhan.

JASA TAMBAT

Jasa yang diberikan utuk kapal bertambat pada tambatan dan secara teknis dalam kondisi yang aman, untuk dapat melakukan bongkar muat dengan lancar dan aman. Untuk menghindari ineffisiensi karena penggunaan tambatan tidak optimal.

JASA TUNDA

Melaksanakan pekerjaan untuk mengikat dan melepaskan tali kapal-kapal yang berolah gerak akan bersandar atau bertolak dari atau satu dermaga, jembatan, pelampung, dolphin dan lain-lain.

JASA AIR KAPAL

Jasa yang diberikan untuk penyerahan air tawar dari darat ke kapal untuk keperluan kapal dan Anak Buah Kapalnya.

REGULASI

  1. Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor: 002/333/43/sgb.MKS.2020 Tentang Pengembangan Prosedur Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Kapal Guna Penanganan Persebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di Wilayah Kerja Pelabuhan Makassar (Klik disini untuk donwload)
  2. Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor: UM.002/336/43/sgb.MKS.20 Tentang Kewajiban Menjalankan Karantina Bagi Kapal Dari Wilayah/Pelabuhan Terjangkit di Indonesia dan Dari Luar Negeri di Wilayah Kerja Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar (Klik disini untuk download)
  3. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus  Disease 2019 (Covid-19)