Pelindo IV Tolitoli Lakukan Pemanduan Perdana Kapal

03 November 2018 | Rilis Berita

INAPORT4 - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Tolitoli melakukan pelayanan Pemanduan Perdana untuk olah gerak keselamatan pelayaran kapal yang akan sandar dan keluar dari dan ke Pelabuhan Tolitoli.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Tolitoli, Sugiarto mengatakan bahwa pemanduan perdana di Pelabuhan Tolitoli ini dilakukan dengan harapan terpenuhinya aspek penyelenggaraan Keselamatan Pelayaran, di mana penyelenggaraan pemanduan di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 57 Tahun 2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal.

“Kami Badan Usaha Pelabuhan sebagai pelaksana dan pengelola pemanduan, agar dapat memberikan pelayanan pemanduan dan kepelabuhanan yang optimal dengan memperhatikan faktor keselamatan serta memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.”

“Persyaratan tersebut antara lain menyediakan pandu, menyediakan sarana bantu dan prasarana pemanduan kapal yang memenuhi persyaratan, serta memberikan pelayanan jasa pemanduan sesuai dengan sistem dan prosedur yang di tetapkan,” ujar Sugiarto.

Ditambahkan Sugiarto, selama dikelolanya pelayanan jasa kepelabuhanan secara komersial oleh BUP PT Pelindo IV, baru hari ini , 2 November 2018, pukul 05.00 WITA, KM Bukit Siguntang milik PT Pelni dilakukan pemanduan Perdana oleh Pandu Capt. Masdar, M.Mar.

Hal tersebut dilakukan atas kesepakatan antara KSOP Tolitoli dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) pada 19 September 2018.