Gempa Sulteng, Pelindo IV Kumpulkan Donasi Rp1,6 Miliar

11 Oktober 2018 | Rilis Berita

INAPORT4 – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) hingga 11 Oktober 2018 telah mengumpulkan donasi untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sebesar Rp 1.607.817.000 (Satu Miliar Enam Ratus Tujuh Juta Delapan Ratus Tujuh Belas Ribu Rupiah).

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan uang yang berhasil terkumpul itu merupakan donasi yang masuk melalui Rekening Tanggap Darurat PT Pelindo via BRI 1548-01-000040-56-0.

“Pelindo IV ditunjuk langsung oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno sebagai salah satu koordinator BUMN Hadir untuk Negeri untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Hingga hari ini (Kamis, 11 Oktober 2018) telah berhasil mengumpulkan donasi dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 1.607.817.000.”

Hingga hari ini juga (Kamis), PT Pelindo IV masih terus mengirimkan bantuan dalam bentuk logistik untuk diberikan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Sulteng. Selain itu, kata Farid, pihaknya juga tetap menyiagakan Posko Peduli Gempa dan Tsunami Sulteng di Lobi Lantai 1 Kantor Pusat Pelindo IV untuk melayani para pengungsi dari Palu, Donggala dan Sigi yang tiba di Makassar.

Kemarin, Rabu (10 Oktober 2018), pihaknya kembali mengirimkan air mineral dalam bentuk galon serta logistik lainnya menggunakan KM Binaiyya. Bantuan tersebut berasal dari berbagai BUMN maupun unsur masyarakat lainnya yang mempercayakan penyaluran bantuannya kepada Pelindo IV.

Adapun logistik yang dibawa dalam petikemas itu, selain berisi air mineral juga mie instant, beras, pakaian, spare part aki dan lain-lain serta oli untuk alat bongkar muat.

Tiba di Pelabuhan Pantoloan Palu, logistik yang dimasukkan dalam kontainer tersebut kemudian dibongkar oleh Tim Relawan Pelindo IV, yang selalu siaga di Posko Peduli Gempa dan Tsunami di Pelabuhan Pantoloan. Selanjutnya, bantuan logistik yang datang paling lambat sehari setelah tiba langsung didistribusikan dengan menggandeng stakeholder pemerintahan Sulteng.

Tak terbatas kepada korban gempa dan tsunami di sekitar wilayah Pelabuhan Pantoloan, Farid mengatakan pihaknya juga mempersilahkan siapapun korban gempa dan tsunami yang ingin mengambil bantuan di Posko Peduli Gempa dan Tsunami di Pelabuhan Pantoloan, tanpa syarat apapun.

“Selain membagikan langsung bantuan kepada korban gempa dan tsunami di sekitar Pelabuhan Pantoloan dan Donggala, kami juga mempersilahkan jika ada korban gempa dan tsunami yang ingin mengambil langsung bantuan logistik di posko kami yang berada di Pelabuhan Pantoloan.”

Tak hanya mendistribusikan langsung bantuan logistik yang tiba di Pelabuhan Pantoloan, Tim Relawan Pelindo IV juga terus membenahi Pelabuhan Pantoloan terutama Terminal Penumpang dan Terminal Petikemas.

Di posko yang disediakan di Lobi Lantai 1 Kantor Pusat Pelindo IV di Makassar, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), dilaksanakan donor darah yang menghasilkan sebanyak 51 kantong darah pada Senin (8 Oktober 2018). Diharapkan, aksi donor darah ini dapat membantu meringankan penderitaan para korban gempa dan tsunami yang sakit dan sangat membutuhkan darah.

Bantuan logistik khusus dari Makassar telah dikirim dalam 4 gelombang, pertama via KM Bukit Siguntang, KM De Brill, KM Binaiyya dan KM Lambelu. Saat ini Posko dalam persiapan untuk pengiriman bantuan melalui KM Armada Sejati sebanyak 9 kontainer. Isi bantuan umumnya seperti sebelumnya, yaitu beras, mi instant, air kemasan dan galon, pakaian, serta biskuit dan makanan ringan lainnya.